Home / Fatwa / Hukum Menulis Ayat Al-Qu’ran Dan Dimasukkan Di Tempat Minum Untuk Tujuan Pengobatan?

Hukum Menulis Ayat Al-Qu’ran Dan Dimasukkan Di Tempat Minum Untuk Tujuan Pengobatan?

PERTANYAAN :

Bolehkah menulis beberapa ayat AlQuran (Seperti ayat Kursi) di atas bejana makanan dan minuman dengan tujuan pengobatan?


JAWABAN :

Pertama-tama, harus diketahui bahwa Kitabullah lebih mulia dan lebih Agung daripada dihina dan diremehkan sampai batas ini. Bagaimana mungkin jiwa seorang mukmin akan senang menjadikan kitabullah dan ayat terbesar dalam kitabullah yaitu ayat Kurai di bejana/ wadah yang diminum, dihinakan, dilempar di rumah dan dijadikan mainan anak-anak?

Perbuatan ini, tidak diragukan lagi adalah haram dan wajib bagi seseorang yang ada di sisi bejana/wadah ini agar menghapus ayat-ayat ini yang terdapat padanya dengan pergi kepada pembuatnya agar menghapusnya. Jika ia tidak bisa melakukan hal itu, ia harus menggali ditempat yang suci dan menguburkannya. Adapun membiarkannya terhina dan tidak diperhatikan, anak-anak minum dan bermain dengannya, sungguh hal ini tidak diperbolehkan. Meskipun tujuannya untuk penyembuhan. Karena penyembuhan dengan Al-Quran menurut cara ini tidak pernah ada riwayatnya dari para as-Salaf ash-Shalih.

__________________________

  • Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah.
  • Al-Majmu’ ats Tsamin, jilid 2 halaman 243

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Perhatikan ! Bagi Yang Senang Mendapat Pujian

Wahb bin Munabbih rahimahullah berkata : إذا مدحك الرجل بما ليس فيك فلا تأمنه أن …

Renungilah Engkau Pasti Akan Menghadapinya

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : لاَ تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ عُمُرِهِ …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com