Home / Fatwa / Hukum Memukul Anak Agar Shalat Dalam Rangka Mendidiknya?

Hukum Memukul Anak Agar Shalat Dalam Rangka Mendidiknya?

PERTANYAAN :

هل يجوز ضرب الطفل دون العاشرة للصلاة؟ وهل يضرب لغير الصلاة كالتأديب؟ وفي أي سن يضرب؟

Apakah boleh orang tua memukul anaknya yang berumur kurang dari 10 tahun dalam rangka memerintahkan shalat? Dan apakah boleh orang tua memukul anaknya pada perkara selain shalat seperti dalam rangka mengajarkan adab, dan pada umur berapakah orang tua boleh memukulnya?

JAWABAN :

أما ضربه للصلاة فلا يجوز قبل العاشرة؛ لأن النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم حددها. وأما ضربه للتأديب فلا بأس ولو قبل العاشرة إذا كان ينتفع بذلك ويتأدب. ويضرب لعشر للصلاة ولغير الصلاة في السن الذي ينتفع فيه بالتأديب يضرب، ويقيد الضرب في كل أحواله بأنه غير مبرح.

Adapun memukul anak yang belum berumur 10 tahun dalam rangka memerintahkan shalat maka tidak diperbolehkan. Karena Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam telah memberi batasan umur untuk seorang diperbolehkan memukul anaknya dalam rangka shalat. Adapun memukul seorang anak untuk mengajarinya adab, maka tidak mengapa walaupun umurnya belum mencapai 10 tahun. Apabila si anak bisa mengambil manfaat darinya dan dia bisa beradab.
Maka seorang diperbolehkan untuk memukul anaknya dalam rangka memerintahkan shalat pada umur 10 tahun, dan diperbolehkan memukul dalam rangka mengajarinya adab pada umur yang seorang anak bisa mengambil manfaat padanya.

Dan pukulan pada seluruh keadaan tersebut adalah pukulan yang tidak memberikan bekas pada anak.

_________________________

  • Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah
  • Liqaul Baabil maftuh 192

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam | Kepala Divisi BiASTV

Check Also

Ajarkan Ilmu Agama Kepada Keluarga Kalian

Syaikh Ubaid bin Abdillah al Jabiri hafidzahullah berkata : فاذا تعلّمتَ دين الله ما أمكنك. …

Fakta Dari Para Pecinta Dunia

👤 Ibnul-Qayyim rahimahullah berkata : مُحِبُّ الدُّنْيَا لَا يَنْفَكُّ مِنْ ثَلَاثٍ : هَمٌّ لَازِمٌ ، …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *