Tebar Qurban 1443H Shahihfiqih.com
Home / Fatwa / Hukum Memperingati Hari Pernikahan

Hukum Memperingati Hari Pernikahan

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

PERTANYAAN :
Bolehkah seorang suami memberikan hadiah kepada isterinya dalam rangka memperingati hari pernikahan mereka setiap tahun untuk memperbaharui kecintaan dan kasih sayang di antara keduanya? Perlu diketahui, bahwa peringatan itu hanya sebatas pemberian hadiah dan keduanya tidak menyelenggarakan pesta pada acara tersebut.

JAWABAN :
Menurut saya, pintu ini harus ditutup, karena boleh jadi tahun ini hanya berupa pemberian hadiah, sementara pada tahun berikutnya diadakan pesta. Lain dari itu, mengenang peristiwa itu dengan ungkapan hadiah bisa dikategorikan perayaan (ied), karena ied (perayaan) itu adalah sesuatu yang berulang. Sementara itu, kecintaan semestinya tidak diperbaharui setiap tahun, tapi otomatis terbaharui sendiri setiap saat, yaitu setiap kali si isteri melihat sesuatu dari suaminya yang dapat menyenangkannya, dan setiap kali sang suami melihat dari isterinya sesuatu yang menyenangkannya. Dengan begitu kecintaan dan kasih sayang akan terbaharui sendiri

_____

? Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin rahimahullah

? Kitab ad-Da’wah (5), (2/92)

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Manakah Yang Lebih Afdhol Dalam Berqurban?

MANA YANG LEBIH AFDHAL DALAM BERKURBAN? besar ukuran hewannya?, banyak lemak dan dagingnya?, ataukah yang …

Jika Engkau Ingin Menikah Utarakanlah

Imam Syafi’i rahimahullah berkata : ينبغي للولد أن يصارح أباه بغربته في الزواج وينبغي لأب …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com