Home / Fatwa / Hukum Memotong Gaji Untuk Biaya Pengobatan

Hukum Memotong Gaji Untuk Biaya Pengobatan

PERTANYAAN :
Saya mengalami kecelakaan di luar tugas. Karena saya tidak mampu menanggung biaya pengobatan, maka saya mengatakannya sebagai kecelakaan tugas. Akhirnya perusahaan membayar biaya biaya pengobatan tersebut. Kini saya menyesal. Apakah yang saya lakukan itu haram?

JAWABAN :
Hendaknya anda memberi tahu pihak perusahaan tentang hakikat yang sebenarnya dan menyatakan kepada mereka kesanggupan anda untuk mengembalikan uang yang telah mereka bayarkan untuk biaya pengobatan, atau dengan cara memotong gaji anda. Jika mereka memaafkan anda, maka gugurlah hutang anda, karena mereka mempunyai wewenang untuk itu, tapi jika tidak, maka anda tidak bisa lepas dari tanggung jawab kecuali meminta kerelaan mereka atau mengembalikan biaya-biaya tersebut kepada mereka. Dan mohonlah ampunan kepada Allah atas dusta dan kezhaliman tersebut.

_______

👤 Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin

📚 Fatawa Iil Muwazhzhafin wal ’Ummal, hal. 60.

About Abdullah bin Suyitno

Avatar
Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Mengungkit-Ungkit Pemberian Menggugurkan Pahala Amal

Allah Ta’ala berfirman : يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تُبۡطِلُواْ صَدَقَٰتِكُم بِٱلۡمَنِّ وَٱلۡأَذَىٰ “Wahai orang-orang yang …

Semua akan Masuk Surga Kecuali Yang Enggan

Nabi shalallahu alaihi wasallam bersabda : كُلُّ أُمَّتِي يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ إِلَّا مَنْ أَبَى ، قَالُوا …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com