Home / Fatwa / HUKUM MELAKUKAN SHALAT SUNNAH SAAT IQOMAT DIKUMANDANGKAN?

HUKUM MELAKUKAN SHALAT SUNNAH SAAT IQOMAT DIKUMANDANGKAN?

👤 Syaikh Zaid bin Muhammad Hadiy al-Madkhaly berkata :

Dan sungguh para ulama telah berbeda pendapat tentang masalah ini hingga terdapat banyak pendapat. Yang paling rajih (kuat) menurutku adalah pendapat Ahluz Zhahir dan jumhur salaf, dan ringkasnya adalah: “Bahwa jika seorang yang mengerjakan sholat (sunnah) mendengar muadzin meng-iqomah-i sholat maka tidak boleh baginya untuk masuk ke dalam suatu gerakan dari sholat sunnah, sama saja untuk sunnah yang muakkadah ataupun yang ghoiru-muakkadah, baik di masjid atau di luar masjid.

Dan tiada lain yang wajib baginya adalah mempersiapkan diri untuk menunaikan sholat wajib begitu mendengar iqomah, meluruskan dirinya di dalam shof, dan mulai melakukan takbirotul ihrom mengikuti takbirnya imam secara langsung sebagaimana yang diperintahkan.”

🔴 Maka aku katakan : Ya Allah.. Kecuali jika dia mendengar iqomah (dan sungguh dia telah tenggelam dalam suatu sholat sunnah, terlebih sunnah yang muakkadah) dan dia hampir selesai sholat, maka hendaknya dia menyempurnakannya dengan ringan, segera salam dan masuk ke sholat jama’ah bersama imamnya, dalam rangka mengamalkan firman Allah Ta’ala :

وَلَا تُبْطِلُوْۤا اَعْمَالَـكُمْ

“Dan janganlah kalian membatalkan amalan-amalan kalian.”(Qs. Muhammad 33)

Wallaahu A’lam.
____________________________

  • al Afnaan an Nadiyah, juz ke2, hal 191 

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Dampak Cemas Berlebihan Bagi Kesehatan

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata : على كل إنسان أصيب بمصيبة أن يصبر، …

Hukum Menempati Buku Yang Mengandung Ayat-Ayat Al-Qur’an Di Hadapan Orang-Orang Nasrani

PERTANYAAN : Apakah boleh saya menempatkan buku-buku yang mengandung ayat-ayat yang mulia yang mengupas tentang …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com