Home / Fatwa / Hukum Main Karambol, Catur Dan Main Kartu?

Hukum Main Karambol, Catur Dan Main Kartu?

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

PERTANYAAN :

ما هو حكم لعب الورق والشطرنج والكيرم؟

Apa hukum bermain kartu, catur dan karambol?

JAWABAN :

حكم اللعب بهذه الأشياء المنع؛ لكونها من آلات اللهو الصادة عن ذكر الله وعن الصلاة، وهذا هو المعروف  عند أهل العلم؛ لأنها تشغل وتلهي وتصد عن الخير، وفيها مغالبة قد تفضي إلى شر عظيم بين اللاعبين، وقد تشغلهم عما أوجبه الله عليهم.

Hukum bermain dengan permainan-permainan ini adalah dilarang. Karena permainan ini termasuk alat yang sia-sia, menghalangi dari dzikir kepada Allah dan mengerjakan shalat. Ini merupakan perkara yang sudah diketahui oleh para ulama.

Karena (dalam) berbagai permainan tersebut :
1. Menyibukkan dan menghalangi dari kebaikan.
2. Di samping itu ada upaya untuk mengalahkan lawan yang terkadang menyebabkan keburukan yang besar diantara para pemainnya.
3. Selain itu terkadang permainan-permainan ini menyibukkan mereka dari perkara yang telah Allah wajibkan.

_____________________________

About Abdullah bin Suyitno

Avatar
Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Waapada Banyak Kematian Mendadak Di Akhir Zaman

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : مِنَ اقْتِرَابِ السَّاعَةِ أَنْ يَظْهَرَ مَوْتُ الْفَجْأَةِ “Di antara …

Menghadapi Suami Yang Suka Menjelek-Jelekkan Istri

PERTANYAAN :Saya seorang wanita yang telah menikah sejak berusia 25 tahun. Kini saya telah mempunyai …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com