Home / Fatwa / Hukum Barang Yang Sudah Dibeli Tidak Boleh Dikembalikan Atau Ditukar?

Hukum Barang Yang Sudah Dibeli Tidak Boleh Dikembalikan Atau Ditukar?

Hukum barang yang sudah dibeli tidak boleh dikembalikan atau ditukar

البضاعة المباعة لا ترد ولا تستبدل عبارة تعلنها بعض المحلات التجارية، وهذا على عمومه شرط باطل، فإن المشتري إذا وجد بالسلعة عيبا أن يردها فيستبدلها أو يسترجع الثمن كاملا، ولا يحق للبائع اسقاط حق المشتري بمثل هذه العبارات.

“Barang yang dibeli tidak boleh dikembalikan atau ditukar” adalah ungkapan yang diumumkan oleh sebagian toko, yang semacam ini secara jika secara mutlak merupakan syarat yang batil, karena pembeli jika menjumpai barang yang dibelinya memiliki aib boleh baginya untuk mengembalikannya untuk meminta ganti atau meminta kembali uangnya secara utuh, dan penjual tidak berhak untuk menggugurkan hak pembeli dengan ungkapan semacam ini!!

_________________

Fatawa al-Lajnah ad-Daimah lil Buhutsil Ilmiyyah wal Ifta’, jilid 3 hlm. 197

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Celalah Diri Kita Sendiri

Fudhail bin ‘Iyadh rahimahullah mencela dirinya sendiri dengan berkata : يا مسكين! أنت مسيء، وترى …

Meyakini Bebas Memilih Agama Sesukanya ?

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata: من اعتقد أنه يجوز لأحد أن يتدين بما …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com