Home / Fatwa / BAGAIMANA CARA MEMBERSIHKAN KASUR YANG TERKENA KENCING ANAK KECIL

BAGAIMANA CARA MEMBERSIHKAN KASUR YANG TERKENA KENCING ANAK KECIL

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

PERTANYAAN :

Bagaimana mensucikan kasur yang terkena air kencing anak kecil?


JAWABAN :

إذا كان من بال على هذه الفرشة ونحوها غلاماً لم يأكل الطعام كفى في تطهيرها رش الماء عليها حتى يعم موضع النجاسة منها، ولا يجب عصرها ولا غسلها وإن كان قد أكل الطعام أو كان جارية سواء أكلت الطعام أم لا، فلا بد لتطهيرها من الغسل، ويكفي صب الماء على موضع النجاسة، ولا يجب نزع الفرشة ولا عصرها كالنجاسة على الأرض

? Jika yang kencing di kasur dan yang semisalnya adalah anak kecil laki-laki yang belum makan makanan, maka cukup mensucikannya dengan memerciki air padanya sampai merata pada tempat najisnya. Tidak harus memerasnya tidak pula mencucinya.

? Dan jika anak kecilnya sudah makan makanan, atau anak perempuan, sama saja apakah sudah makan makanan ataupun belum, maka mesti disucikan dengan dicuci. Cukup menuangkan air ke tempat yang terkena najis, tidak harus dilepas kasurnya tidak pula diperas seperti (mensucikan) najis yang ada di tanah.

Berdasarkan hadits shahihain dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu:

أن أعرابياً بال في المسجد فأمر النبي صلى الله عليه وسلم أن يصب على بوله دلو من الماء

“Sesungguhnya ada seorang arab badui yang kencing di masjid (masjid Nabawi ketika itu berlantai tanah). Maka Nabi shallallahu alaihi wasallam memerintahkan untuk dituangkan pada bekas kencingnya se-ember air.”

_____________________________________

  • Lajnah daimah li buhuts ilmiyah wa ifta’ 5/364

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Hukum Mengamalkan Doa Awal Bulan

MENGAMALKAN DOA AWAL BULAN (mengamalkan awal bulan dzulhijjah,dzulqo’dah, muharram, shafar, rabiul awal dst..) Beberapa saat …

Hukum Menyimpan Foto Sebagai Kenangan

PERTANYAAN :Apa hukum menyimpan gambar atau foto sebagai kenangan? JAWABAN : Menyimpan gambar atau foto …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com