Home / Fatwa / Apakah Masuk Masjid Disunnahkan Salam?

Apakah Masuk Masjid Disunnahkan Salam?

PERTANYAAN:

هل يُسنُّ لمن دخل مسجدًا أن يسلم؛ سواء كان فيه أحد أم لا؛ لأننا سمعنا أن من دخل المسجد لابدّ له من السلام على الملائكة‏؟‏

Apakah disunahkan seseorang yang masuk masjid mengucapkan salam ketika ada orang atau tidak? Karena kami mendengar bahwa seseorang yang masuk masjid harus mengucapkan salam kepada para malaikat

JAWABAN :

داخل المسجد إذا وجد فيه أحدًا؛ فإنه يستحب له أن يسلم عليه، وإن لم يجد فيه أحدًا؛ فلا يسلم؛ لأنه لا يجد من يرد عليه السلام، ولا يجلس حتى يصلي ركعتين تحية المسجد، هذا هو المشروع في حق من دخل المسجد يريد الجلوس فيه‏.

Apabila seseorang yang masuk menjumpai orang lain di dalam masjid, maka disunahkan mengucapkan salam kepadanya. Namun jika tidak ada seorang pun di dalam masjid tidak perlu mengucapkan salam. Karena tidak ada yang akan membalas salamnya dan janganlah dia duduk hingga mengerjakan shalat dua rokaat tahiyatul masjid. Inilah yang disyariatkan bagi seseorang yang masuk lalu duduk di masjid.

_______________________

  • Syaikh Shalih Al-Fauzan hafizhahullah
  • Al Muntaqa min Fatawa Asy-Syaikh Al Fauzan 512

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Celalah Diri Kita Sendiri

Fudhail bin ‘Iyadh rahimahullah mencela dirinya sendiri dengan berkata : يا مسكين! أنت مسيء، وترى …

Meyakini Bebas Memilih Agama Sesukanya ?

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata: من اعتقد أنه يجوز لأحد أن يتدين بما …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com