Home / Fatwa / Apakah Bid’ah Hanya Berlaku Pada Bidang Ibadah

Apakah Bid’ah Hanya Berlaku Pada Bidang Ibadah

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

PERTANYAAN :
Bilakah suatu amal dianggap bid’ah dalam syari’at nan suci ini, dan apakah sebutan bid’ah hanya berlaku pada bidang ibadah saja atau mencakup ibadah dan mu’amalah?

JAWABAN :
Bid’ah dalam terminologi syari’at adalah setiap ibadah yang diada-adakan oleh manusia tapi tidak ada asalnya dalam al-Qur’an maupun as-Sunnah, demikian ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam,

مَنْ أَحْدَثَ فِيْ أَمْرِنَا ه‍َذَا مَا لَيْسَ فِيْهِ فَه‍ُوَ رَدٌّ

“Barangsiapa membuat sesuatu yang baru dalam urusan (agama) kami yang tidak terdapat (tuntunan) padanya, maka ia tertolak” (HR. Bukhari no. 2697 dan Muslim no. 1718)

Dan sabda beliau,

مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَه‍ُوَ رَدٌّ

“Barangsiapa melakukan suatu amal yang tidak kami perintahkan maka ia tertolak” (HR. Muslim no. 1718)

Pengertian bid’ah dalam terminologi bajasa adalah setiap hal baru yang tidak seperti sebelumnya, hanya saja tidak berkaitan dengan hukum larangan jika bukan merupakan hal baru dalam agama. Sedangkan dalam mu’amalat, jika hal baru itu sesuai dengan syari’at maka termasuk legal secara syar’i, tapi jika menyelisihinya maka merupakan perbuatan batil, dan hal baru dalam mu’amalat tidak disebut bid’ah dalam lingkup syari’at karena tidak termasuk ibadah

__________

👤 Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah

📚 Majalah ad-Da’wah, tanggal 7/11/1410 H, no. 1344

About Abdullah bin Suyitno

Avatar
Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Hukum Menangguhkan Shalat Hingga Malam Hari

PERTANYAAN : Banyak tenaga kerja yang menangguhkan shalat Zhuhur dan Ashar hingga malam hari dengan …

Hukum Memakan Dari Hasil Pekerjaan Yang Haram

PERTANYAAN : Jika pekerjaan ayah saya haram, apa boleh kami memakan dari penghasilannya? Jika tidak …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com