Home / Fatwa / Apabila Shalat Tidak Khusyuk?

Apabila Shalat Tidak Khusyuk?

Buku Shahihfiqih - Buku Fahd Project

PERTANYAAN :

Apa yang harus dilakukan oleh orang yang tidak khusyu dalam shalatnya? Apakah shalatnya diterima?

JAWABAN :

الصلاة لا يؤمر بإعادتها لأنه صلى ، ولكن الخشوع هذا ليس من شروطها وأركانها وواجباتها، إنما هو روحها، فلا تقبل صلاة بغير خشوع أو حضور قلب،لا تقبل بغير حضور قلب ، وليس له من صلاته إلا ما عقل منها وحضر قلبه فيه منها، فيجب على المسلم أن يتنبه لهذا الأمر، وعليه أن يتجنب الشواغل التي تشغله عن الخشوع ، ولهذا نهى النبي صلى الله عليه وسلم عن الصلاة بحضرة طعام لأنه يشغله ، ونهى عن أن يصلي وهو يدافع أحد الأخبثين البول والغائط ، لأنها شواغل ، فعلى الإنسان أن يدخل الصلاة وهو فارغ البال وفي مكانٍ وزمانٍ مناسب لراحته في الصلاة

“Shalatnya tidak diperintah untuk diulangi, karena dia telah melaksanakan shalat. Khusyu’ tidak termasuk syarat, rukun, maupun kewajiban-kewajiban shalat. 

🔴 Hanya saja khusyu’ merupakan ruhnya shalat. Sehingga shalat tidak akan diterima apabila tanpa khusyu’ atau kehadiran hati.

Shalat tidak diterima tanpa kehadiran hati. Tidak ada untuk seseorang pahala dari shalatnya kecuali apa yang ia pahami dari shalatnya dan hatinya hadir padanya. Sehingga wajib atas setiap muslim untuk menyadari perkara ini. Dia harus menjauhi hal-hal yang menyibukkan, yang bisa memalingkannya dari khusyu’. Oleh karena itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang shalat ketika makan hadir dihidangkan, karena itu akan menyibukkan pikirannya. Beliau juga melarang shalat ketika seseorang menahan kencing atau hajat besar, karena itu juga bisa menyibukkan. Jadi seseorang masuk dalam shalat harus dalam keadaan pikirannya kosong (dari berbagai hal yang bisa memalingkannya dari shalat, pen), pada tempat dan waktu yang tepat supaya tenang dalam shalatnya (sebagaimana yang ditentukan syari’at).”
____________________________

About Tim Shahihfiqih

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Apakah Janin Yang Keguguran di Aqiqahi?

  Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah menjawab : في هذا تفصيل أما السقط قبل …

Adab Ketika Meminum Air Zam-Zam

ADAB KETIKA MINUM ZAM-ZAM1. Menghadap kekiblat2. Meminum dalam tiga nafas, dan dan melepas mulut dari …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com - Bertanya ke ulama - Kirim pertanyaan ke Ulama