Home / Fatwa / Apa Yang Dimaksud Dengan Hikmah

Apa Yang Dimaksud Dengan Hikmah

PERTANYAAN :

Apa yang dimaksud dengan hikmah? dan bagaimana seorang Muslim bisa menyandangnya?

JAWABAN :

Hikmah adalah keselarasan dalam bersikap dan menetapkan. Kesalahan bersikap berarti bertolak belakang dengan hikmah. Karena itu, sebagian dari dai yang berdakwah tanpa hikmah, ketika melihat seseorang yang dinilainya mungkar, ia akan menjelekkannya dan meneriakinya. Contohnya: Ketika melihat seseorang masuk masjid lalu langsung duduk tanpa shalat tahiyyatul masjid lebih dulu, ia akan meneriakinya. Demikianlah yang tanpa hikmah. Tapi yang dengan hikmah, tidak akan begitu. Ia akan menjelaskannya kepada orang tersebut dan menguraikan haditsnya. Demikianlah juga yang dilakukan dalm perkara-perkara yang wajib dan yang haram serta lainnya.

 

Dan begitu pula dalam sikap-sikap khusus yang berhubungan drngan manusia, seperti dalam bidang keuangan, harus pula dengan hikmah. Berapa banyak orang yang boros dan berhutang hanya untuk hal-hal yang tidak penting dan tidak terdesak.

 

____

 

👤 Syaikh Muhammad bin Sholih al Utsaimin 

📚 Majmu’ Durus Fatawa al-Haram al-Makkiy, juz 3, hal. 362

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Dampak Cemas Berlebihan Bagi Kesehatan

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata : على كل إنسان أصيب بمصيبة أن يصبر، …

Hukum Menempati Buku Yang Mengandung Ayat-Ayat Al-Qur’an Di Hadapan Orang-Orang Nasrani

PERTANYAAN : Apakah boleh saya menempatkan buku-buku yang mengandung ayat-ayat yang mulia yang mengupas tentang …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com