Home / Fatwa / APAKAH TUBUH ORANG YANG SEDANG JUNUB ITU NAJIS SEBELUM DIA MANDI JUNUB?

APAKAH TUBUH ORANG YANG SEDANG JUNUB ITU NAJIS SEBELUM DIA MANDI JUNUB?

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

PERTANYAAN :

Apakah orang yang sedang dalam keadaan junub boleh menyentuh sesuatu(seperti piring, gelas, pakaian) sebelum mandi? Dan jika dia menyentuhnya apakah sesuatu (yang disentuh) itu akan menjadi najis ataukah tidak?
JAWABAN :

Ya, boleh boleh bagi seorang yang sedang mandi junub -sebelum dia mandi- untuk menyentuh sesuatu, berupa pakaian, gelas, piring dan periuk, seta perkakas rumah tangga lainnya, sama saja, baik dia seorang laki-laki maupun wanita, karena orang yang sedang junub tidaklah najis, dan sesuatu yang disentuhnya tidak akan menjadi najis. Begitu juga orang yang sedang dalam keadaan haid ataupun nifas, kedua orang itu bukanlah orang yang najis disebabkan haid dan nifas, bahkan badan dan keringat kedua orang itu adalah suci, begitu pula dengan sesuatu yang disentuh oleh tangan kedua orang itu. Yang najis hanyalah darah (haid atau nifas) yang keluar dari mereka berdua. 

_____________________________

  • Fatawa al-Lajnah ad-Da’imah li al-ifta’ 5 : 222

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Hukum Berpuasa Pada Hari Arafah Dengan Niat Qadho

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah PERTANYAAN: Apa hukum berpuasa hari Arafah dengan niat qadha? …

Mengapa Puasa Asyura Menghapus Dosa Setahun Saja, Sedangkan Puasa Arafah Menghapus Dosa Dua Tahun?

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata :Yang pertama:“الأوّل: أنّ يَـوم عَـرفة في شهر حرام ، وَقبله شَهر …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com