Tebar Qurban 1443H Shahihfiqih.com
Home / Fatwa / LARANGAN MENYEMIR RAMBUT WARNA HITAM

LARANGAN MENYEMIR RAMBUT WARNA HITAM

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

PERTANYAAN : 

Bagaimana Hukum menyemir rambut dengan warna hitam? Karena sekarang ini banyak sekali orang-orang yang nota bene berilmu yang menyemir rambut dengan warna hitam? 


JAWABAN :

Berkenaan dengan masalah tersebut banyak sekali hadits-hadits shahih yang menjelaskan tentang status hukumnya dan di antara hadits yang cukup terkenal ialah hadits yang diriwayatkan dari Jabir bin abdillah dari Nabi shalallahu alaihi wa sallam :

“Ketika Nabi shalallahu alaihi wasallam melihat kepala dan jenggot Walid ash-Shiddiq seperti pohon Tsaghomah berwarna putih, maka beliau bersabda :

غَيِّرُوْا هذَا بِشَيْءٍ وَاجْتَنِبُوْا السَّوَادَ

“Rubahlah (warna) rambut ini dengan sesuatu dan jauhilah warna hitam.” (HR. Muslim 2102)

Dalam riwayat lain:

وَجَنِّبُوْهُ السَّوَاد
َ

“Dan jauhilah warna hitam darinya.” (HR. Muslim)

🔹 Kemudian hadits Ibnu Abbas, yang diriwayatkan Imam Ahmad, Abu Daud dan an-Nasai dengan sanad yang shahih dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shalallahu alaihi wasallam bersabda :

يَكُوْنُ قَوْمٌ فيِ آخِرِ الزَّمَانِ يَخْضِبُوْنَ بِالسَّوَادِ كَحَوَاصِلِ اْلحَمَامِ لاَ يَرِيْحُوْنَ رَائِحَةَ اْلجَنَّةِ

“Kelak pada akhir zaman akan muncul kaum yang menyemir rambutnya dengan warna hitam seperti tembolok burung merpati, mereka tidak akan mencium bau harum surga.” (HR. Abu Daud 4212, An-Nasa’i 5075, Ahmad 2466)

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Jika Engkau Ingin Menikah Utarakanlah

Imam Syafi’i rahimahullah berkata : ينبغي للولد أن يصارح أباه بغربته في الزواج وينبغي لأب …

Hukum Ucapan “Semoga Engkau Panjang Umur”

PERTANYAAN ما حكم قول: “أطال الله بقاءك”، “طال عمرك”؟ Apa hukum ucapan, “Semoga Allah memanjangkan …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com