Home / Fatwa / BAGAIMANA SESEORANG TERBEBAS DARI KERASNYA HATI?

BAGAIMANA SESEORANG TERBEBAS DARI KERASNYA HATI?

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

PERTANYAAN : 

Bagaimana manusia terbebas dari kerasnya hati dan apakah sebab-sebabnya ? 


JAWABAN : 

🔺 Sebab-sebab kekerasan hati ialah dosa, kemaksiatan, sering lalai dan bergaul dengan orang-orang yang lalai dan orang-orang yang fasiq. Semua kekerasan ini merupakan sebab-sebab kekerasan hati.

🔺 Sementara yang menyebabkan hati menjadi lunak, bersih dan tentram ialah mentaati Allah Subhanahu Wata’ala, berteman dengan orang-orang yang baik dan memelihara waktunya dengan dzikir, membaca al-Qur’an dan istighfar. Siapa yang memelihara waktunya dengan dzikir kepada Allah, membaca al-Qur’an, bergaul dengan orang-orang yang baik dan menjauhi bergaul dengan orang-orang yang lalai dan orang-orang yang jahat, maka hatinya menjadi baik dan lunak.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

أَلاَبِذِكْرِ اللهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ 

“Hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Qs. Ar-Ra’d 28) 
_____________________________

  • Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
  • Majmu’ Fatawa wa Maqalat Mutanawwi’ah

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Februari 2021)

Check Also

Hukum Mengamalkan Doa Awal Bulan

MENGAMALKAN DOA AWAL BULAN (mengamalkan awal bulan dzulhijjah,dzulqo’dah, muharram, shafar, rabiul awal dst..) Beberapa saat …

Hukum Menyimpan Foto Sebagai Kenangan

PERTANYAAN :Apa hukum menyimpan gambar atau foto sebagai kenangan? JAWABAN : Menyimpan gambar atau foto …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com