Home / Doa dan Amalan / Doa Yang Menyeluruh Dan Mencakup

Doa Yang Menyeluruh Dan Mencakup

👤 Dari Aisyah radhiyallaahu ‘anha berkata :

دخل عَلَيَّ النبي ﷺ وأنا أصلي ، وله حاجة ، فأبطأت عليه ، قال :

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam masuk menemuiku dalam keadaan aku sedang shalat. Saat itu beliau sedang memiliki hajat. Maka aku tidak segera menemui beliau, maka kemudian beliau memanggilku :

ياعائشة . عليك بجُمَلِ الدعاء وجوامِعِه .فلما انصرفت قلت

“Wahai Aisyah. Hendaknya ketika kamu berdoa menggunakan doa yang global dan mencakup.”

يا رسول الله وما جمل الدعاء وجوامعه ؟

Maka seusai shalat aku bertanya : Apa itu doa yang menyeluruh dan mencakup? Beliau shalallahu alaihi wasallam bersabda :

اللهم إني أسألك من الخير كله ، عاجله وآجله ، ما علمت منه وما لم أعلم وأعوذ بك من الشر كله ، عاجله وآجله ، ما علمت منه وما لم أعلم وأسألك الجنة وما قرّب إليها من قول أو عمل ، وأعوذ بك من النار وما قرب إليها من قول أو عمل ، وأسألك مما سألك به عبدك ونبيك محمد ﷺ ، وأعوذ بك مما تعوذ منه عبدك ونبيك محمد ﷺ ، وما قضيتَ لي من قضاء فاجعل عاقبته رشدا

“Ya Allah aku memohon kepadaMu seluruh kebaikan baik di dunia maupun di akhirat, apa yang aku tahu maupun yang tidak tahu, dan aku berlindung kepadaMu dari seluruh kejelekan baik yang ada di dunia maupun di akhirat, yang kuketahui maupun yang tidak, dan aku memohon kepadaMu surga dan segala amalan yang mendekatkan kepada nya dari ucapan maupun perbuatan.

Dan aku berlindung kepadaMu​ dari neraka dan segala hal yang mendekatkan kepada nya dari ucapan maupun perbuatan, dan aku memohon kepadaMu semua permohonan yang diminta oleh hamba dan Nabi-Mu Muhammad shallahu alaihi wasallam.

Dan aku berlindung kepadaMu dari semua permohonan perlindungan yang diminta oleh hamba dan NabiMu Muhammad shalallahu alaihi wasallam, dan jadikanlah setiap akibat dari ketentuan yang Engkau putuskan untukku berakhir dengan petunjuk.”

___________________________

  • HR. Bukhari di dalam kitab al-Adabul Mufrad nomor 639. shahihkan oleh al-Albani

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Perhatikan, Jika Ingin Selamat Dari Ngerinya Sakaratul Maut Dan Hari Kiamat.

Abdullah Ibnul Mubarak rahimahullah mengatakan, ﺭﺃﻳﺖ ﻣﺎﻟﻜﺎ ﻓﺮﺃﻳﺘﻪ ﻣﻦ اﻟﺨﺎﺷﻌﻴﻦ ﻭﺇﻧﻤﺎ ﺭﻓﻌﻪ اﻟﻠﻪ ﺑﺴﺮﻳﺮﺓ ﺑﻴﻨﻪ …

Perhatikan ! Bagi Yang Senang Mendapat Pujian

Wahb bin Munabbih rahimahullah berkata : إذا مدحك الرجل بما ليس فيك فلا تأمنه أن …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com