Home / Artikel / Tak Akan Hilang, Dan Tak Akan Terlupakan

Tak Akan Hilang, Dan Tak Akan Terlupakan

Saudaraku… Janganlah engkau pernah remehkan sekecil apapun bentuk kebaikan… Dan janganlah pula engkau remehkan sekecil apapun dari bentuk keburukan ataupun kejelekan..

Semua hal tersebut akan terbalaskan tanpa ada suatu yang luput atau bahkan terabaikan tanpa hisab..

👤 Abu Darda’ Radhiyallahu anhu berkata:

وَاعْلَمْ أَنَّ البِرَّ لاَ يَبْلَى وَأَنَّ الإِثْمَ لاَ يُنْسَى

“Dan ketahuilah, sesungguhnya kebaikan (seorang hamba) tidak pernah akan hilang, dan sesungguhnya dosa (seorang hamba) tidaklah akan dilupakan.” (Tarikh Dimasyq, 47/167, karya Ibnu Asakir)

👤 Ibnu Rajab al-Hanbaly rahimahullah berkata:

‏غداً توفى النفوس ما كسبت ويحصد الزارعون ما زرعوا، إن أحسنوا أحسنوا لأنفسهم، وإن أساؤوا فبئس ما صنعوا

“Esok hari (kiamat) jiwa-jiwa akan disempurnakan balasan atas perbuatan mereka, orang-orang yang menanam akan memanen apa yang mereka tanam, jika mereka berbuat baik maka mereka telah berbuat baik untuk diri mereka sendiri, namun jika mereka berbuat buruk maka alangkah buruknya apa yang mereka perbuatan.” (Lathaiful Ma’arif, jilid 1, halaman 232)

🔴 Allah Ta’ala berfirman :

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَـنْظُرْ نَـفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ  لِغَدٍ  ۚ  وَاتَّقُوا اللّٰهَ  ؕ  اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا تَعْمَلُوْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.” (Qs. Al-Hasyr 18)

Maka hendaklah kita mohon ampun kepadaNya bila telah tergelincir dalam lubang dosa, dan teruslah meminta dan berharap taufiq dariNya agar tetap kuat istiqomah dalam amal dan ibadah kita…

___________________________

  • Penyusun | Abdullah bin Suyitno (عبدالله بن صيتن)
  • Disusun 1 Dzulhijjah 1438H / 24 Agustus 2017

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Nasehat Ulama : Jauhi Pemikiran Khawarij (Isis)

Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad hafidzahullah berkata : “Wajib bagi para pemuda yang berjalan di belakang …

Para Salaf Dalam Memandang Amalan Mereka

Ibnu Rajab al-Hanbaly rahimahullah berkata: كان السلف يجتهدون في أعمال الخير ويعدون أنفسهم من المقصرين …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com