Home / Artikel / SESUATU YANG WAJAR, JIKA KITA MAMPU MENSIKAPI..

SESUATU YANG WAJAR, JIKA KITA MAMPU MENSIKAPI..

Saudaraku.. Gesekan dalam sebuah kebersamaan adalah hal yang wajar.. Apa yang harus kita lakukan jika hal itu terjadi?

🔴 HUSNUDZHAN! Kita harus saling husnudzhan pada saudara kita, berilah udzur pada mereka.. “mungkin dia gak tahu.. mungkin dia salah ngomong.. mungkin, mungkin dan mungkin..”

Cari terus alasan yang membuat kita sampai tidak timbul kebencian pada saudara kita.. Karena saudara kita sama-sama beriman..

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara.” (Qs. Al-Hujurat 10)

🔴 PERBAIKI NIAT! Perbaiki terus niat agar niat kita ikhlas Lillahi Ta’ala.. Sebagai manusia kadang kala kita melakukan sesuatu ingin dikatakan “syukron”, wajar hal itu terjadi.. Saat kita berbuat sesuatu, kita ingin orang lain mengatakan “terimakasih”..

Meski demikian terkadang orang yang kita bantu tidak mengatakan terimakasih kepada kita.. Nah, saat seperti itu sering dalam hati kita berkata : “sudah saya bantu, kok tidak tahu terima kasih”. Maka saat itu juga kadang kala kita sakit hati..

Karena apa? Kenapa hal demikian terjadi? Karena tidak ikhlas niat kita kepada Allah..

Ingatlah para penghuni surga itu bahwasanya mereka berkata :

لَا نُرِيدُ مِنْكُمْ جَزَاءً وَلَا شُكُورًا

“Kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih.” (Qs. Al Insan 9)

Mari saudaraku perbaiki niat kita dalam berinteraksi dengan saudara-saudara kita.. Kita berusaha tanamkan dalam hati bahwasanya kita lakukan itu semua ikhlas, tidak ingin berharap balasan dan ucapan terimakasih dari mereka sedikitpun..

“Mau orang itu ngomong terimakasih, atau tidak ngomong terimakasih, kita tidak butuhkan itu..” Semata kita lakukan itu karena Allah.. Karena Allah.. 

Ingatlah saudaraku, Janganlah bertanya apa yang diberikan Saudara kita pada Kita.. Tapi apa yang sudah Kita berikan bagi Saudara kita..

____________________________

  • Penyusun | Abdullah bin Suyitno (عبدالله بن صيتن) 
  • Disusun 18 Sya’ban 1437 H / 26 Mei 2016

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Hukum Menerima Upah Tanpa Bekerja

PERTANYAAN : Saya karyawan sebuah instansi pemerintah. Instansi ini menugasi para karyawannya dengan pekerjaan di …

Hukum Memotong Gaji Untuk Biaya Pengobatan

PERTANYAAN : Saya mengalami kecelakaan di luar tugas. Karena saya tidak mampu menanggung biaya pengobatan, …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com