Home / Artikel / SESUATU YANG WAJAR, JIKA KITA MAMPU MENSIKAPI..
To reach this spot, I had to scramble for about 30 feet on rocks. What made it worse was that these rocks were filled with moss and very slippery. At one point I stopped and stood staring at the ocean, contemplating whether to give up. But the photographer inside me egged me on and I managed to plonk my tripod where I wanted. The wind was strong and there was wave after wave crashing on rocks around me. There were some close calls and I narrowly avoided getting drenched. Captured a beautiful sunset, watched some sea gulls and sea lions and drove back home with good music and the quiet satisfaction of a job well done :)

SESUATU YANG WAJAR, JIKA KITA MAMPU MENSIKAPI..

Donasi Dakwah Shahihfiqih.com

Saudaraku.. Gesekan dalam sebuah kebersamaan adalah hal yang wajar.. Apa yang harus kita lakukan jika hal itu terjadi?

๐Ÿ”ด HUSNUDZHAN! Kita harus saling husnudzhan pada saudara kita, berilah udzur pada mereka.. “mungkin dia gak tahu.. mungkin dia salah ngomong.. mungkin, mungkin dan mungkin..”

Cari terus alasan yang membuat kita sampai tidak timbul kebencian pada saudara kita.. Karena saudara kita sama-sama beriman..

ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููˆู†ูŽ ุฅูุฎู’ูˆูŽุฉูŒ

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara.” (Qs. Al-Hujurat 10)

๐Ÿ”ด PERBAIKI NIAT! Perbaiki terus niat agar niat kita ikhlas Lillahi Ta’ala.. Sebagai manusia kadang kala kita melakukan sesuatu ingin dikatakan โ€œsyukronโ€, wajar hal itu terjadi.. Saat kita berbuat sesuatu, kita ingin orang lain mengatakan โ€œterimakasih”..

Meski demikian terkadang orang yang kita bantu tidak mengatakan terimakasih kepada kita.. Nah, saat seperti itu sering dalam hati kita berkata : โ€œsudah saya bantu, kok tidak tahu terima kasihโ€. Maka saat itu juga kadang kala kita sakit hati..

Karena apa? Kenapa hal demikian terjadi? Karena tidak ikhlas niat kita kepada Allah..

Ingatlah para penghuni surga itu bahwasanya mereka berkata :

ู„ูŽุง ู†ูุฑููŠุฏู ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ุฌูŽุฒูŽุงุกู‹ ูˆูŽู„ูŽุง ุดููƒููˆุฑู‹ุง

“Kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih.” (Qs. Al Insan 9)

Mari saudaraku perbaiki niat kita dalam berinteraksi dengan saudara-saudara kita.. Kita berusaha tanamkan dalam hati bahwasanya kita lakukan itu semua ikhlas, tidak ingin berharap balasan dan ucapan terimakasih dari mereka sedikitpun..

“Mau orang itu ngomong terimakasih, atau tidak ngomong terimakasih, kita tidak butuhkan itu..” Semata kita lakukan itu karena Allah.. Karena Allah.. 

Ingatlah saudaraku, Janganlah bertanya apa yang diberikan Saudara kita pada Kita.. Tapi apa yang sudah Kita berikan bagi Saudara kita..

____________________________

  • Penyusun | Abdullah bin Suyitno (ุนุจุฏุงู„ู„ู‡ ุจู† ุตูŠุชู†) 
  • Disusun 18 Sya’ban 1437 H / 26 Mei 2016

About Abdullah bin Suyitno

Avatar
Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Hasad Adalah Bentuk Protes Kepada Takdir Allah

Orang yang hasad hakikatnya adalah bentuk protes terhadap pembagian takdir Allah. . ุฃูŽู‡ูู…ู’ ูŠูŽู‚ู’ุณูู…ููˆู†ูŽ ุฑูŽุญู’ู…ูŽุชูŽ …

Nasib Orang Munafik

Allah Ta’ala berfirman : . ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ู…ูู†ูŽุงููู‚ููŠู†ูŽ ูููŠ ุงู„ุฏู‘ูŽุฑู’ูƒู ุงู„ู’ุฃูŽุณู’ููŽู„ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ูˆูŽู„ูŽู†ู’ ุชูŽุฌูุฏูŽ ู„ูŽู‡ูู…ู’ …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com