Home / Artikel / Menolak Bencana Dengan Mendatangkan Bencana !

Menolak Bencana Dengan Mendatangkan Bencana !

Allah ta’ala berfirman :
.
وَلَا تَدْعُ مِنْ دُونِ اللَّهِ مَا لَا يَنْفَعُكَ وَلَا يَضُرُّكَ ۖ فَإِنْ فَعَلْتَ فَإِنَّكَ إِذًا مِنَ الظَّالِمِينَ
.
“Janganlah kamu berdoa (beribadah) kepada selain Allah, sesuatu yang jelas tidak kuasa memberikan manfaat dan madharat kepadamu. Kalau kamu tetap melakukannya maka kamu benar-benar termasuk orang yang berbuat zalim.” (QS. Yunus 106)
.
.
وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا
.
“Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya” (QS. An Nisa’ 116).
.
.
Diantara sebab yang menjadikan munculnya kesyirikan di masyarakat adalah meremehkan mempelajari tauhid, bahkan hanya merasa cukup sebagai seorang muslim dalam pengakuan.
.
‏ما دخلت الخرافات إلا بالتسامح في معرفة التوحيد وبالغلو في الصالحين وأنه يكفي التسمي بالإسلام، فبذلك وقع الشرك.
.
Tidaklah khurafat masuk kecuali disebabkan oleh sikap meremehkan dalam mempelajari tauhid, berlebihan dalam memuliakan orang-orang shalih, dan menganggap cukup dengan mengaku sebagai seorang muslim, maka dengan sebab itu semua terjadilah kesyirikan. (Fatawa asy-Syaikh Muhammad bin Ibrahim, jilid 1 hlm. 84)
.
.
فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَنْ تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
.
“Maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah Rasul takut akan ditimpa cobaan atau ditimpa azab yang pedih.” (Qs. An-Nur 63)

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Tujuh Prinsip Utama

Sahl At-Tutsuri rahimahullah berkata : أُصُوْلُنَا سَبْعَةُ أَشْيَاءَ: التَّمَسُّكُ بِكِتَابِ اللّٰهِ، وَاْلإِقْتِدَاءُ بِسُنَّةِ رَسُوْلِ اللّٰهِ …

Dentuman Suara Sebagai Peringatan

Allah berfirman Ta’ala berfirman : . وَمَا نُرْسِلُ بِالْآَيَاتِ إِلَّا تَخْوِيفًا . “Tidaklah kami mengirim …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com