Home / Artikel / Dua Orang Berbeda Dalam Dakwah

Dua Orang Berbeda Dalam Dakwah

Dua Orang Berbeda Dalam Dakwah

فرق بين من جعل همه الدعوة وبين من يهتم بنفسه في الدعوة، فالأول يعطيها أغلى وأنفس ما عنده، والثاني يُعطى بها تحقيقا لمنافعه وزيادة في كسبه.

“Beda antara orang yang menjadikan perhatian utamanya adalah dakwah, dengan orang yang hanya memperhatikan dirinya sendiri dalam dakwah. Yang pertama akan mengorbankan untuk dakwah sesuatu yang paling mahal dan berharga yang dia miliki, sedangkan yang kedua dengan dakwah mendapatkan sesuatu untuk mewujudkan kepentingannya dan menambah penghasilannya.”

Terkadang kerja tim dalam dakwah terpengaruh oleh 1-2 orang anggotanya. Terlebih yang jarang bekerja sebagai sebuah tim. Tujuannya sudah bukan lagi “bagaimana dakwah berjalan”, tetapi “bagaimana posisi saya dalam dakwah.”

Maka indahlah perkataan seorang Ulama :
“Apabila engkau berfikir bahwa dengan tanpa dirimu dakwah akan jatuh, maka duduklah di rumah, dan beristirahatlah. Karena dakwah akan senantiasa ditolong oleh Allah ta’ala.
Namun jika engkau berfikir engkaulah yang membutuhkan dakwah. Maka mohonlah pertolongan Allah dan berdakwahlah.”

_____________

Penyusun | Abdullah bin Suyitno (عبدالله بن سيتن)
Disusun 26 Jumadal Akhir 1441 H / 20 Februari 2020

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019) | Ketua HSI Media (Agustus 2019 - Sekarang)

Check Also

Nyali Seseorang Dalam Bersedekah

Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata : الصدقة من جنس القتال فالجبان يرجف ، والشجاع يثبت “Sedekah …

Bencana Akan Mengungkap Hakikat Asli Seseorang

Hasan Al-Bashri rahimahullah mengatakan : . إِنَّكَ لَتَعْرِفُ النَّاسَ مَا كَانُوا فِي عَافِيَةٍ فَإِذَا نَزَلَ …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com