Home / Fatwa / (bag 1) Batasan Umur Anak Kecil Yang Tidak Boleh Lagi Masuk Ke Kaum Wanita, Dan Seorang Wanita Sudah Harus Berhijab Di Hadapannya?

(bag 1) Batasan Umur Anak Kecil Yang Tidak Boleh Lagi Masuk Ke Kaum Wanita, Dan Seorang Wanita Sudah Harus Berhijab Di Hadapannya?

PERTANYAAN :
Seorang anak kecil, kapan batasan dia dilarang masuk kepada kaum wanita asing yang bukan mahramnya? Dan apa makna firman Allah Ta’ala:
“Atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita“ (Qs. an-Nur 31) ?

JAWABAN :
Apabila anak itu masih kecil, belum mencapai usia hilm (belum mengalami mimpi basah), belum mengerti hal-hal yang berkaitan dengan kaum wanita, maka dia masih boleh masuk ke kalangan wanita, dan boleh wanita untuk tidak berhijab dari anak tersebut.
Adapun firman Allah :

أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَى عَوْرَاتِ النِّسَاءِ

“Atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita.“ (Qs. an-Nur 31)

Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan :
karena (usianya) yang masih kecil, belum memahami hal-hal terkait dengan kaum wanita dan aurat-aurat mereka, berupa ucapan lemah lembut kaum wanita, lenggak-lengkok kaum wanita dalam berjalan, gerak-gerik, dan diamnya kaum wanita.

Apabila anak itu masih kecil belum memahami hal-hal itu semua, maka tidak mengapa masuk kepada kaum wanita yang bukan merupakan mahramnya.

Wabillahittaufiq, semoga shalawat dan salam tercurah pada nabi kita Muhammad, sahabat dan para pengikutnya.

_____________________________

  • Fatwa al-Lajnah ad-Da`imah li al-Buhuts al ‘Ilmiyyah wa al-Ifta’ 6011

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Dampak Berlebihan Dalam Bergaul

👤 Al-Fudhail bin Iyyadh rahimahullah berkata: ﻣَﻦْ ﺧَﺎﻟَﻂَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱَ ﻟَﻢْ ﻳَﺴْﻠَﻢْ ﻭَﻟَﻢْ ﻳَﻨْﺞُ ﻣِﻦْ ﺇِﺣْﺪَﻯ …

Sifat Laki-laki Mulia

Iyyas bin Mu’awiyah rahimahullah berkata: ‏امتحنتُ خصال الرجال، فوجدت أشرفها صدق اللسان، ومَنْ عُدِمَ فضيلة …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com