Home / Fatwa / (Bag 2) Hukum Berdzikir (Menyebut Nama Allah) Di Kamar Mandi/wc

(Bag 2) Hukum Berdzikir (Menyebut Nama Allah) Di Kamar Mandi/wc

PERTANYAAN :
Terkait dengan seseorang yang hendak berwudhu di kamar mandi/WC dan ia keluar menuju ke tempat mencuci (dalam hal ini tempat cuci tangan), di mana tempat tersebut berada pada bangunan yang baru saja digunakan, apakah boleh baginya untuk berdzikir (menyebut nama Allah) ketika ia telah selesai berwudhu di tempat tersebut?

JAWABAN :
Tempat cuci tangan jika berada di luar kamar mandi/WC atau di luar tempat penunaian buang hajat maka tidak mengapa untuk berdzikir (menyebut nama Allah) di sana. Adapun jika tempat tersebut berada di dalam tempat penunaian buang hajat maka sesungguhnya janganlah ia menyebut nama Allah Ta’ala dengan melafadhkan lisannya di sana -di tempat yang telah kami isyaratkan pada pembahasan sebelumnya- tetapi hendaknya ia jika melakukan maka sepatutnya (dilakukan) di dalam hati yang mana ini tidak mengapa.

_____________________________

  • Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah
  • Fatawa Nur ‘ala Ad-Darb 7

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Bahaya Rusaknya Tauhid

Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata: الذنوب مع صحة التوحيد خير من فساد التوحيد مع عدم هذه …

Hati Tenang Karena Mengutamakan Akhirat

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata: تجد أهل الآخرة لا يهتمون بما يفوتهم من …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com