Home / Fatwa / APAKAH KULIT BANGKAI ITU NAJIS ?

APAKAH KULIT BANGKAI ITU NAJIS ?

​Masalah ini memiliki beberapa perincian :

1. Jika bangkai itu suci maka kulitnya juga suci, swbaliknya jika bangkai itu najis maka kulitnya juga najis. Diantara contoh bangkai yang suci adalah bangkai ikan. Hal ini berdasarkan firman Allah :


أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهُ مَتَاعًا لَكُمْ

“Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu.” (Qs. Al-Maa’idah 96)


Ibnu Abbas
Radhiallahu anhu berkata : 

“maksud kata صَيْدُ (shaidu) adalah binatang yang diambil dalam keadaan hidup dan maksud kata طَعَامُهُ (tha’aamuhu) adalah binatang yang diambil dalam keadaan mati.”

2. Sedangkan binatang yang menjadi najis karena mati maka kulitnya juga menjadi najis (maksudnya, menjadi ikut najis karena mati), sebab ini termasuk dalam keumuman bangkai dan bangkai masuk dalam firman Allah :


إِلَّا أَنْ يَكُونَ مَيْتَةً أَوْ دَمًا مَسْفُوحًا أَوْ لَحْمَ خِنْزِيرٍ فَإِنَّهُ رِجْسٌ (١٤٥)

“Kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi -karena sesunghuhnya semua itu kotor-.” (Qs. Al- An’aam 145)




📌 Kesimpulanya dengan demikian, bila bangkai itu najis maka kulitnya pun najis.

_____________________________

  • Syaikh Muhammad bin Sholih al-‘Utsaimin
  • Shahih Fiqih Wanita

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Doa Orang Mukim Kepada Musafir

Doa Orang Mukim Kepada Musafir أَسْتَوْدِعُ اللهَ دِيْنَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيْمَ عَمَلِكَ “Aku menitipkan agamamu, amanatmu …

Doa Ketika Merasakan Sakit Pada Anggota Badan

Letakkan tanganmu pada tubuhmu yang terasa sakit, dan bacalah: “Bismillaah tiga kali, lalu bacalah tujuh …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com