Home / Fatwa / HUKUM BERBICARA KETIKA MENDENGAR KHUTBAH JUM’AT BERLANGSUNG TETAPI POSISI DI LUAR MASJID

HUKUM BERBICARA KETIKA MENDENGAR KHUTBAH JUM’AT BERLANGSUNG TETAPI POSISI DI LUAR MASJID

PERTANYAAN :

فضيلة الشيخ: إذا كنت قريباً من المسجد فسمعت الخطيب يوم الجمعة يخطب وأنا في البيت أكلم زوجتي أو أولادي والإمام يخطب، أو كنت قريباً من المسجد في الطريق فقرأت السلام على من حولي، وأردت السلام عليه، فهل يشملني الحديث: من لغا فلا جمعة له؟ وهل أعيد الصلاة؟

Apabila aku berada dekat dari masjid sehingga aku bisa mendengar khatib berkhutbah ketika hari Jum’at, di dalam rumah aku berbicara dengan isteriku atau anak-anakku sementara imam berkhutbah. Atau aku dekat dengan masjid ketika di jalan, aku mengucapkan salam kepada orang-orang di sekitarku, dan aku hendaknya menyampaikan salam kepadanya. Apakah aku juga terkenai hadits “barangsiapa yang berbicara sia-sia maka tidak ada Jum’at baginya”? dan apakah aku wajib mengulangi shalat?


JAWABAN :

 أما إعادة الصلاة فلا إعادة حتى لو تكلم الإنسان في جوف المسجد والإمام يخطب فصلاته صحيحة، لكنه محروم الأجر، لا يكتب له أجر الذي أنصت ولم يتكلم،
 وأما كلامه خارج المسجد مع أهله أو في الشارع، فإذا كان يسمع خطبة الإمام الذي يريد أن يصلي خلفه فإنه لا يحل له، لأن هذا إمامه،
 أما إذا كان يسمع خطبة مسجد آخر مر به وهو يخطب، فلا حرج عليه أن يتكلم ولا يضره ذلك، سواء مع أهله أو في الشارع.

• Adapun tentang mengulangi shalat, maka tidak mengulangi. Bahkan meskipun seseorang berbicara di dalam masjid tatkala imam sedang berkhutbah maka shalatnya tetap sah. NAMUN dia terhalangi dari pahala. Tidak ditulis baginya pahala orang yang diam (mendengarkan khutbah) dan tidak berbicara. 
• Adapun kalau dia berbicara dengan keluarga di luar masjid, atau di jalan, apabila dia mendengar khutbahnya imam yang dia hendak menuju shalat berjamaah dengannya, maka itu (berbicara) tidak boleh baginya. Karena dia adalah imamnya.
• Adapun kalau dia mendengar khutbah masjid lain yang dia lewati, tatkala imamnya sedang khutbah, maka tidak mengapa dia berbicara dan itu tidak membuatnya terkenai dosa, baik dia bicara dengan keluarganya, atau ketika dia di jalan.

_____________________________

  • Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah
  • Silsilah al-Liqa asy-Syahri, 37 

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam (Agustus 2015 - Maret 2016 Berlanjut Januari 2017- Januari 2018) | Kepala Divisi BiASTV (2017- Juli 2019) | Manajer Program CS Peduli (September 2018- Juli 2019) | Media Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad (Februari 2018 - Januari 2019)

Check Also

Doa Orang Mukim Kepada Musafir

Doa Orang Mukim Kepada Musafir أَسْتَوْدِعُ اللهَ دِيْنَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيْمَ عَمَلِكَ “Aku menitipkan agamamu, amanatmu …

Doa Ketika Merasakan Sakit Pada Anggota Badan

Letakkan tanganmu pada tubuhmu yang terasa sakit, dan bacalah: “Bismillaah tiga kali, lalu bacalah tujuh …

Kirim Pertanyaan ke Shahihfiqih.com