Home / Nasehat Ulama / Bercandalah Dengan Istri Dan Anak-Anak Kalian

Bercandalah Dengan Istri Dan Anak-Anak Kalian

Imam Ibnu Muflih pernah menukil ucapan Imam Ibnu Aqil al-Hambali semoga Allah  merahmati keduanya dari kitab beliau Al-Funun

وَكَانَ عَلَيْهِ السَّلَامُ يُرْقِصُ الْحَسَنَ وَالْحُسَيْنَ وَيُدَاعِبُهُمَا، وَسَابَقَ عَائِشَةَ، وَيُدَارِي زَوْجَاتِهِ.. وَالْعَاقِلُ إذَا خَلَا بِزَوْجَاتِهِ وَإِمَائِهِ تَرَكَ الْعَقْلَ فِي زَاوِيَةٍ كَالشَّيْخِ الْمُوَقَّرِ، وَدَاعَبَ وَمَازَحَ وَهَازَلَ لِيُعْطِيَ الزَّوْجَةَ وَالنَّفْسَ حَقَّهُمَا، وَإِنْ خَلَا بِأَطْفَالِهِ خَرَجَ فِي صُورَةِ طِفْلٍ..

Katanya, “Dahulu Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam membuat tarian untuk al-Hasan dan al-Husain dan mencandai keduanya, Beliau juga pernah berlomba lari bersama Aisyah dan memanjakan para istrinya. Dan seorang yang berakal apabila dia sedang berkumpul bersama para istrinya dan budak-budak perempuannya, maka dia akan mengesampingkan akalnya seperti halnya seorang Syaikh yang terhormat, dia bercanda, bersenda gurau dan berkelakar untuk memberikan hak istri dan jiwanya. Dan jika dia sedang bersama anak-anaknya, maka dia akan berkelakuan layaknya anak kecil.”

____________________________

  • Al-adabus syar’iyyah 3/239

About Abdullah bin Suyitno

Seorang Tholabul Ilmi di bumi Allah. Beberapa Masyaikh yang diikuti link.nya Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz (binbaz.org.sa), Al-Lajnah Ad-Da`imah (alifta.net), Syaikh Sholih al-Utsaimin, Syaikh Shalih al-Fauzan (alfawzan.af.org.sa), Syaikh Abdurrozaq al-Badr (al-badr.net), Syaikh Abdul Aziz alusy Syaikh (mufti.af.org.sa)

Check Also

Mengapa Puasa Asyura Menghapus Dosa Setahun Saja Sedangkan Puasa Arafah Menghapus Dosa Dua Tahun?

👤 Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:  Pertama: “الأوّل: أنّ يَـوم عَـرفة في شهر حرام ، وَقبله …

Zakat Fitri Dengan Beras, Bukan Bid’ah Dan Sangat Berbeda Dengan Bid’ah.

Zakat Fitri dengan beras, bukan bid’ah dan sangat berbeda dengan bid’ah. ===== Sehingga tidak tepat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *