Home / Kisah Berhikmah / Kisah Syaikh Al-Albani

Kisah Syaikh Al-Albani

Masyhur Hasan Salman hafizhahulloh berkata :

“Guru kami (Syaikh Al-Albani) rahimahullah menugaskan aku untuk memuroja’ah (memeriksa kembali) beberapa juz dari kitab As-Silsilah Ad-Dho’ifah sebelum dicetak. Lalu iapun menyerahkan jilid ke lima dari kita As-Silsilah Ad-Dho’ifah. Lalu akupun mengambil kitab tersebut yang ditulis dengan tulisan tangan beliau sebelum dicetak. Tatkala aku mengeluarkannya dari kantong dan aku melihat kitab tersebut maka akupun menangis.

Maka syaikh rahimahullah bertanya kepada : “Kenapa engkau?” Aku diam tidak menjawab, dan syaikh melihat air mataku mengalir. Ternyata syaikh rahimahullah menulis kitab “Silsilah Al-Ahaadiits Ad-Dho’ifah” jilid ke lima pada kertas-kertas hadiyah, dan kantong-kantong kertas gula dan beras, yaitu bungkusan-bungkusan yang berwarna merah yang digunakan orang-orang untuk menimbang gula dan beras.

Syaikh berkata kepadaku : “Saya punya benang-benang yang saya celupkan ke tinta lalu aku letakan benang-benang tersebut di atas kertas-kertas, sehingga kertas-kertas tesebut menjadi bergaris-garis. Aku tidak memiliki uang untuk membeli kertas”

Semoga Allah merahmati engkau yang telah menghabiskan umur untuk membela sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

______________________

About Abdullah bin Suyitno

Seorang tholabul ilmi di bumi Allah. | Kepala Bidang Pendidikan Bimbingan Islam | Kepala Bidang Dakwah Offline Bimbingan Islam | Kepala Divisi BiASTV

Check Also

Cahaya Dalam Hati

Imam asy-Syafi’i rahimahullahu ta’ala berkata : من أحبَّ أن يُنوِّر الله قلبه، فعليه: بالخَلوة، وقِلَّة …

Apakah Membaca Basmalah Sebelum Masuk Wc Atau Setelah Masuk ?

PERTANYAAN : هل إذا دخلت الحمام سميت؟ “Apakah jika saya sudah masuk kamar mandi baru …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *